Niat Maju, Kades Petahana Wajib Kantongi Rekomendasi Bebas Temuan dari Inspektorat

0 Komentar

Ilustrasi Pilkades Serentak/Net

BOMBANA, INIKATASULTRA.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bombana, dijadwalkan pada Februari 2022 mendatang.

Menjelang Pilkades tersebut, Inspektorat Kabupaten Bombana mulai melakukan persiapan, diantaranya adalah terkait persyaratan calon kades.

Salah satu syarat mutlak adalah rekomendasi bebas temuan para kepala desa yang menjabat untuk mencalonkan diri kembali di kursi kepala desa (Kades).

Kepala Inspektorat Bombana, Kalvarios menyebut dari 300 orang yang mengurus bebas temuan untuk calon kades, ada sekitar puluhan orang yang tidak diberikan bebas temuan.

“Mereka rata-rata kepala desa petahana, di mana dimasa jabatannya sebelumnya banyak hal yang mereka langgar, seperti administrasi, pekerjaan fisik, dan pajak,” kata Kalvarios.

Mantan Plt Kadis Kominfo ini menuturkan, rekomendasi bebas temuan dari Inspektorat dan BPKP ini merupakan syarat dokumen utama bagi masyarakat yang berniat untuk bertarung di pemilihan kepala desa.

“Bebas temuan ini kami berikan dan nantinya disetor di panitia penyelenggara Pilkades, selanjutnya akan dilengkapi dengan dkokumen-dokumen lainya, ” ujarnya.

Dia berharap, dalam Pilkades serentak nanti bisa berjalan lancar dan damai sehingga melahirkan Kades yang berintelektual dalam membangun di desanya. (**)

Sumber : Rakyat Sultra
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment