Momen Peringatan HUT Kolut, Bupati Nur Rahman Resmikan Jembatan Desa Lapolu dan Desa Watunohu

0 Komentar

Bupati Kolut Sultra, H Nur Rahman Umar, bersama Wakil Bupati H Abbas, saat meresmikan penggunaan jembatan di Desa Lapolu serta jembatan gantung di Desa Watunohu dan Desa Lelehao/Foto: Reno/IKS

KOLUT, INIKATASULTRA.com – Bupati Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggra (Sultra), H Nur Rahman Umar, bersama Wakil Bupati H Abbas, meresmikan penggunaan jembatan di Desa Lapolu Kecamatan Tiwu serta jembatan gantung di Desa Watunohu dan Desa Lelehao Kecamatan Watunohu, Kamis (6/1/2022).

Kedua jembatan tersebut dibangun menggunakan APBD Kolut 2021 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Untuk pembangunan jembatan Desa Lapolu menelan anggaran Rp 1,1 miliar lebih, sementara pembangunan jembatan gantung Desa Watunohu dan Desa Lelehao menelan anggaran Rp 149 juta.

Peresmian penggunaan kedua jembatan itu menjadi kado istimewa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut kepada masyarakat Kecamatan Tiwu dan Kecamatan Watunohu, di momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 Kolut, yang akan dirayakan Jumat besok (7/1/2022).

Dalam seremoni peresmian kedua jembatan tersebut, Bupati Nur Rahman, menandatangani prasasti serta melakukan prosesi pengguntingan pita.

Dalam sambutannya, Bupati Nur Rahman, menuturkan, pembangunan kedua jembatan ini merupakan skala prioritas yang telah direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut, guna memperlancar arus perekonomian masyarakat, serta memperlancar arus distribusi barang dan jasa termasuk hasil perkebunan para petani di masing-masing desa.

Menurutnya, dengan difungsikannnya kedua jembatan tersebut tentu akan memberikan banyak kemudahan terhadap masyarakat. Pendistribusian barang dan jasa serta mobilitas para petani untuk mengakses kebun mereka, bisa dilakukan dengan lebih mudah sehingga tercipta efisiensi waktu dan biaya dalam sisi transportasi.

“Semoga dengan difungsikannya kedua jembatan ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga di Desa Lapolu, Desa Watunohu serta Desa Lelehao dan sekitarnya,” ungkap Nur Rahman.

Bupati berpesan kepada masyarakat setempat, untuk selalu menjaga dan memelihara fasilitas yang telah dibangun Pemkab Kolut, serta dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukannya.

“Alhamdulillah, di tengah masa pandemi Covid-19 ini, kita masih bisa merealisasikan pembangunan dua jembatan ini. Semoga kedepan kita masih bisa membangun fasilitas-fasilitas publik lainya yang akan mendukung peningkatan prekonomian masyarakat,” pungkas Bupati.

Kegiatan peresmian jembatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kolut bersama beberapa Kepala OPD lainnya, Kapolsek kodeoha, Denposal Lasusua, Kepala Desa Lapolu, Camat Tiwu, serta sejumlah tokoh masyarakat setempat. (red/iks)

Penulis : Reno
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment