Realisasi Vaksinasi Anak di Sulsel, Hanya Empat Daerah Ini yang Memenuhi Syarat

0 Komentar

Ilustrasi/Foto: INT

INIKATASULTRA.com – Program Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun sudah dimulai sejak Selasa 14 Desember 2021 lalu.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Untuk wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), terhitung baru empat daerah yang bisa merealisasikan vaksinasi anak. Sebab syaratnya harus vaksinasi untuk umum 70 persen dan vaksinasi lansia mencapai 60 persen.

Plt Kepala Dinas (Kadis)Kesehatan Sulsel, dr Arman Bausat, mengatakan, hanya empat daerah di Sulsel yang memenuhi syarat tersebut.

Keempat daerah tersebut meliputi, Palopo, Luwu, Luwu Timur, dan Soppeng. Sedangkan 20 kabupaten/kota lainnya belum memenuhi syarat.

Berdasarkan data dari KPC PEN 1 Januari 2022, vaksinasi umum untuk dosis 1 di Palopo mencapai 86,32 persen sedangkan vaksinasi lansia mencapai 64,03 persen.

Sementara Kabupaten Soppeng capaian vaksinasi umum dosis 1 sebesar 79,74 persen dan vaksinasi lansia 66,25 persen.

Untuk Luwu, vaksinasi umum dosis 1 mencapai 77,65 persen dan vaksinasi lansia 105,99 persen.

Luwu Timur vaksinasi umum dosis 1 mencapai 76,25 persen dan vaksinasi lansia mencapai 63,38 persen.

Lebih lanjut untuk Pemprov Sulsel, dr Arman, mengatakan, belum memenuhi syarat. Sebab, vaksinasi lansia belum mencapai 60 persen.

“Belum, karena dua syaratnya untuk vaksin anak, 70 persen dosis 1, kemudian 60 persen dosis lansia baru satu terpenuhi,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi untuk anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun.

Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19,” ucap Dirjen Maxi.

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60%. (red/iks)

Sumber : fajar
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment