Pelantikan Sarlinda Mokke Masih Tunggu SK Mendagri

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Jadwal pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) penggantian Antarwaktu (PAw) Sarlinda Mokke, masih menunggu Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal itu disampaikan Sekretaris DPRD Sultra La Ode Mustari, Minggu (1/8).

Mustari mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Gubernur Sultra Ali Mazi, untuk memproses SK penetapan Sarlinda Mokke ke Kemendagri.

Tapi hingga saat ini, kata dia, pihaknya tengah menunggu keluarnya SK tersebut.

“Kalau sudah ada SK Kemendagri, baru kita jadwalkan secepatnya,” ujar Mustari.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra menetapkan Sarlinda Mokke sebagai anggota DPRD Sultra melalui mekanisme PAw Muhammad Endang SA, yang mengundurkan diri karena menjadi Calon Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada Pilkada 2020 lalu.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, pihaknya menetapkan Sarlinda Mokke sebagai pengganti Endang dari Partai Demokrat karena berasal dari partai politik (parpol) yang sama, dan memiliki suara tertinggi kedua di daerah pemilihan (dapil) II.

“Verifikasi calon pengganti antarwaktu saudara Muhammad Endang SA telah dilaksanakan oleh KPU Sulawesi Tenggara dan menetapkan nama pengganti antarwaktu dan memenuhi syarat adalah saudari Sarlinda Mokke,” ujar Natsir, Rabu (7/7).

Ia menyebut, terdapat 8 calon anggota legislatif dari Partai Demokrat di dapil II, dan peraih suara kedua terbanyak yang ditetapkan untuk pergantian antarwaktu adalah Sarlinda Mokke dengan 5.852 suara.

KPU, sambung Natsir, telah melakukan verifikasi sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang pergantian antarwaktu anggota legislatif.

“Sarlinda Mokke adalah DCT (Daftar Calon Tetap) Partai Demokrat, asal dapil II Sultra (Konsel dan Bombana), peraih suara terbanyak berikutnya, dan memenuhi syarat sebagai calon pengganti antarwaktu anggota DPRD Provinsi. Hasil verifikasi tersebut telah kami sampaikan kepada Pimpinan DPRD Provinsi Sultra untuk ditindaklanjuti peresmian dan pengangkatan yang bersangkutan,” kata Natsir.

Sarlinda Mokke diketahui bakal 3 kali menjadi anggota DPRD Sultra jalur PAw. Pada Oktober 2013 lalu, ia dilantik menjadi anggota DPRD Sultra karena menggantikan Suryani Imran, yang pindah dari Partai Demokrat ke Partai Golkar.

Sarlinda Mokke melanjutkan jabatan Suryani Imran sebagai anggota DPRD Sultra selama kurang lebih 6 bulan dalam periode 2009-2014.

Kemudian, Sarlinda Mokke kembali dilantik sebagai PAW Muhammad Endang yang mengundurkan diri karena maju pada Pilkada Konsel 9 Desember 2015. Ia mengisi kursi yang ditinggalkan Endang dalam periode 2014-2019.

Saat Endang mencalonkan diri kembali pada Pilkada Konsel 26 Desember 2020, akhirnya KPU Sultra menetapkan Sarlinda Mokke sebagai anggota DPRD Sultra pengganti antarawaktu periode 2019-2024. (BKk)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment