Kades Saponda Laut: Tak Ada Pungli Penyaluran BLT Tahap Empat

0 Komentar

KONAWE, INIKATASULTRA.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Saponda Laut, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap empat, Sabtu (31/7/2021).

Pada kesempatan itu, sebelum menyalurkan bantuan, Kepala Desa (Kades) Saponda Laut Abdul Aziz menekankan kepada aparat serta warga setempat agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang mengadu domba antara dirinya dan warga Saponda.

Pasalnya, belum lama ini ada permasalahan yang menimpa dirinya saat menyalurkan BLT tahap akhir pada tahun 2020. Bahkan Kades yang sejak mekarnya Saponda Laut menjadi satu desa pada 2017 itu sempat dilaporkan oleh oknum LSM.

Padahal, saat itu ada kesepakatan Pemdes dan warga penerima BLT untuk melakukan acara penutupan tahun baru 2020 dengan mengumpulkan biaya yang disaksikan oleh Sekretaris Camat Soropia, Pendamping Desa Kecamatan Soropia serta Pihak Kepolisian.

“Sebenarnya tidak ada pungutan liar (pungli) itu murni patungan untuk merayakan tahun baru. Itupun atas kesepakatan warga. Bahkan warga sendiri yang meminta. Dan itu disaksikan oleh Sekcam, Pendamping Desa bahkan dari kepolisian,” ungkapnya.

“Saya tegaskan, tidak pernah meminta pungutan apapun tanpa ada kesepakatan atau permintaan dari warga, saya melakukan semua itu sebagai tanggung jawab yang diberikan kepada saya, jadi saya berharap kepada warga agar selalu bersama-sama membatu pemdes dalam mengawasi penyaluran Dana Desa termasuk BLT,” tegasnya.

Saat mendengar sambutan dari Kades Saponda Laut, terlihat beberapa warga sangat menyayangkan masalah tersebut, karena itu merupakan kesepakatan mereka tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan benar-benar manfaatnya dirasakan langsung oleh warga sekitar.

Perlu diketahui, penyaluran BLT tahap empat tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021. Dana itu langsung diserahkan kepada 53 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 182 jumlah Kepala Keluarga (KK) yang mendiami Desa Saponda.

53 KPM penerima BLT di desanya merupakan warga yang tidak menerima bantuan dari Kabupaten, Provinsi maupun Pusat.

“Warga Penerima Manfaat BLT tersebut sama sekali belum pernah tersentuh bantuan dari Kabupaten, Provinsi maupun maupun Pusat. Dari 182 KK yang merupakan warga Saponda Laut, semua telah mendapatkan bantuan baik itu BLT Pusat, PKH, BST, kecuali ke 53 warga tersebut,” Kata Azis.

Turut hadir dalam penyerahan BLT tahap empat yakni, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Rustam, Wakil BPD Edi Latta, serta beberapa anggotanya dan sejumlah aparat desa.

Untuk diketahui Pemdes Saponda Laut telah melakukan Pembuatan Perahu Fiber sebanyak enam buah untuk diserahkan kepada nelayan, Pengadaan Posko Covid-19, Pengadaan Perlengkapan Penanggulangan Pencegahan Covid-19 serta telah merampungkan Sustainable Development Goals (SDGs). (RS)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment