Kasus Covid-19 di Kolaka Bertambah, PT Mapan Justru Datangkan 17 TKA Cina

0 Komentar

KOLAKA, INIKATASULTRA.com — Di tengah situasi pandemi Covid-19 dan terus bertambahnya jumlah warga Kabupaten Kolaka yang terpapar virus corona, PT Mapan justru mendatangkan 17 warga negara asing (WNA). Kini, 17 WNA asal Tiongkok itu telah berada di lokasi perusahan tambang nikel tersebut, di Desa Sopura, Kecamatan Pomalaa.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kolaka, H. Syafruddin, membenarkan jika 17 WNA asal Tiongkok tersebut berada di Bumi Mekongga untuk bekerja di PT Mapan. Kedatangan WNA itu melalui Bandara Halu Oleo dan telah berada pada kantor PT Mapan di Desa Sopura sejak 9 Juli 2021 lalu.

“Saat ini mereka dalam proses isolasi di kompleks pabrik PT Mapan. Kami sudah melakukan kunjungan ke lokasi WNA tersebut untuk melakukan pendataan dan pemantauan,” ujarnya, kemarin.

Kata Syafruddin, berdasarkan penjelasan dari pihak PT Mapan, maksud dan tujuan kedatangan TKA tersebut untuk bekerja sebagai tenaga teknis dalam kelanjutan pembangunan smelter.

“Rencananya para WNA tersebut akan menyelesaikan pengerjaan pabrik nikel itu sekitar sembilan bulan,” bebernya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr. Muhammad Aris, memastikan 17 WNA tersebut tidak terpapar corona.

“Sebelum mereka bekerja, kami telah memeriksa kesehatannya. Semuanya negatif Covid-19,” pungkasnya. (KP)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment