Jelang Idul Adha, Komisi II DPRD Kota Kendari Kunker ke RPH

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari bersama jajarannya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) terkait kesiapan rumah potong hewan (RPH) Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Senin (19/07/2021).

Ketua Komisi II DPRD Kendari, Andi Sulolipu, saat melakukan peninjauan menemukan adanya sejumlah kendala yang dihadapi RPH berupa keamanan.

“Masyarakat yang membawa hewan ternaknya tidak secara prosedural. Mereka menyembelih ditempat ini tapi tidak membayar retribusi. Maka sangat dibutuhkan pihak keamanan. Sehingga itu yang akan kita sampaikan nanti saat RDP bersama Forkopimda,”katanya. Senin (19/7/2021).

Tidak hanya itu, lanjut Andi, sistem sanitasi di RPH tersebut belum higienis sehingga perlu dilakukan pembenahan.

“Kalau kita lihat melihat sapinya sudah higienis, tapi sistem sanitasi juga harus lebih baik juga. Sehingga kesehatan lingkungan dan ternak bisa terjamin,”ujarnya.

Politisi PDIP itu juga mengungkapkan, di RPH tersebut hanya memiliki satu dokter hewan. Sementara, hal tersebut tidak sebanding dnegan jumlah sapi yang masuk untuk diperiksa.

“Di RPH ini hanya 1 dokter hewan saja, itu tidak sebanding dengan jumlah sapi yang harus di periksa. Apalagi saat hari raya. Termasuk kebersihan RPH ini mestinya ada penambahan tenaga kebersihan. Itu penting juga,”terangnya.

Sebelumnya, DPRD Kota Kendari telah mengusulkan perbaikan atau pembenahan RPH Kota Kendari ke Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) belum lama ini.

“Sebelumnya kami sudah mendapat jawaban dari pusat. Mungkin setelah Covid-19 sudah bisa di proses. Kami mengusul untuk perbaikan RPH ini kurang lebih Rp2 Miliar. Untuk info lebih detail bisa ke Dinas Pertanian Kota,”pungkasnya.

Reporter: Febi Purnasari

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment