Kapal Tongkang Bermuatan Ore Nikel Karam di Pantai Batu Gong

0 Komentar

KONAWE, INIKATASULTRA.com – Akibat jangkar kapal terpitus dan cuaca buruk, kapal tongkang bermuatan ore nikel karam di perairan pantai wisata Batu Gong  di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, Kamis (15/7/2021).

Kapal tongkang itu rencananya bakal berlabuh di pelabuhan jeti kawasan industri pertambangan nikel PT VDNI Morosi Konawe.

Menurut warga sekitar, kapal ini juga mengalami kerusakan hingga muatan ore nikel berserakan dan mencemari lingkungan pantai.

“Sudah sekitar satu minggu mi itu terdampar, kita lihat itu orenya sudah masuk ke air dan mencemari lingkungan,” ungkapnya.

Pihak kepolisian setempat sudah berkoordinasi dengan pemilik tongkang agar kapal ini segera dibawa keluar dan tidak berada di sekitar pantai wisata, sebab kapal tongkang ini sudah terdampar selama kurang lebih sepekan dan ore nikel sudah mencemari lingkungan pantai wisata.

“Untuk proses dia (tongkang) bisa terdampar disini, kita tidak tahu bagaimana bisa sampai disini kita tidak tahu, namun untuk koordinasi dari kemarin kita lakukan ke pihak pihak terkait, dan alhamdulillah kami berhasil berkoordinasi dan memohon bantuan agar segera tongkang ini di geser ke tempat berlabuhnya, tidak lagi berada di pantai wisata Batu Gong,” ujar Kartini Suryaningsih Ka Polsek Lalonggasumeeto.

Bahkan pihak kepolisian dan tim gabungan Basarnas Kendari menduga dua korban yang hilang tenggelam beberapa hari yang lalu terseret arus di Pantai wisata Batu Gong masih berada di bawah kapal tongkang dan terseret arus bawah.

“Saat kejadian sudah ada tongkang ini dan sudah berlabuh, dari saksi mata insiden kecelakaan terjadi di sekitaran tongkang, dan kecurigaan kami, dan tim gabungan Basarnas, korban terhisap dibawa kapal tongkang tersebut , untuk kami melakukan upaya penyelamatan dan evakuasi yang kemungkinan besar terdapat di bawah tongkang ini,”katanya.

Diketahui wilayah perairan pantai wisata Batu Gong menjadi lokasi berlabuhnya puluhan kapal tongkang bermuatan ore nikel yang akan dibawa ke pelabuhan jeti kawasan industri pertambangan nikel Morosi, Konawe.(Red)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment