Perdana di Sultra, Lapas Kendari Sukses Selenggarakan Vaksinasi COVID-19 bagi WBP

0 Komentar

Kalapas Kendari, Abdul Samad Dama saat memantau proses vaksinasi COVID-19 Kepada WBP, Jumat (9/7/2021). (Foto: Andri Sutrisno/IKS)

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Demi menimbulkan rasa aman dan nyaman serta menindak lanjuti instruksi Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas) dari COVID-19 bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari melakukan vaksinasi masal bagi 563 penghuni Lapas.

Kalapas Kendari Abdul Samad Dama, mengatakan dalam kegiatan vaksinasi bagi WBP, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, melalui Puskesmas Lepo-lepo.

“Kami telah menjalin kerjasama dengan Puskesmas Lepo-lepo, kami mencoba menjajaki, dan Alhamdulilah hari ini kita laksanakan vaksinasi bagi WBP,” ujar Samad, pada Jumat (9/7/2021).

Namun dibalik rencana tersebut lanjut Samad, masi didapatkan kendala-kendala administrasi, seperti masi ada WBP yang tak menghafal Nomor Induk Kependudukan (NIK) mereka.

“Namun demikian hari ini kami belum bisa melaksanakan semua, dikarenakan terkendala karena NIK karena tidak semua WBP mengetahui NIK mereka,” ungkapnya.

Dari keseluruhan WBP yang berada di Dalam Lapas Kendari, terdaftar yang akan melakukan vaksinasi adalah 264 orang.

“Hari ini yang terdaftar itu 264 namun yang memenuhi syarat belum diketahui, karena sedang dalam proses,” kata Samad.

Hal ini merupakan terobosan dan menjadi pendorong bagi seluruh UPT di lingkup Kanwil Kemenkumham Sultra, agar melakukan vaksinasi bagi WBP yang ada di bawah naungannya.

“Untuk Lapas Rutan di Sultra, vaksinasi untuk WBP, ini perdana dilakukan. Mudah-mudahan UPT lain akan menyusul,” tutupnya. (**)

Penulis : Andri Sutrisno
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment