Korupsi PT Tosida, Dua Anak Buah Gubernur Sultra Digarap, YSM Mangkir Dari Panggilan Jaksa

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com- Dua anak buah gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi menjadi tersangka kasus korupsi PT Tosida, mereka adalah mantan Plt kepala Dinas ESDM isial BHR dan mantan kabid Minerba, YSM yang kini menjabat sebagai Plt. Dispora Sultra.

Namun, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) baru menahan dua tersangka korupsi yang kini merugikan negara sebesar Rp 142 miliar. Mereka adalah Mantan Kepala Dinas ESDM Sultra BHR, dan General Manager PT Tosida Indonesia UMR, mereka di gelandang ke Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kendari,(17/6/2021).

Aspidsus Kejati Sultra Setyawan Nur Chaliq mengatakan, keduanya ditahan setelah menjalani pemeriksaan sekitar 4 jam di Kejati Sultra telah melengkapi BAP dan pemeriksaan kesehatan.
,

“Iya, langsung ditahan, dan akan dibawah ke Rutan Kendari. Sementara dua orang tersangka lain yakni YSM Mantan Kabid Minerba ESDM, dan Dirut PT Tosida Indonesia LSO belum menghadiri panggilan Jaksa,” ujarnya

Ditempat yang sama, Asintelejen Kejati Sultra, Nur Adin mengatakan, untuk kedua tersangka lain yang belum menghadiri panggilan, yaitu YSM Mantan Kabid Minerba ESDM, dan LSO Dirut PT Tosida Indonesia, kembali akan dilakukan panggilan sebanyak tiga kali.

“Untuk dua tersangka lain kami akan kembali memanggil sesuai dengan prosedur, namun jika tidak diindahkan juga, kami akan menerbitkan surat DPO dan akan melakukan penangkapan,” ungkapnya

Ia juga menjelaskan terkait materi pemeriksaan yang dijalani oleh ke dua tersangka. Menurutnya periksaan tersebut berkaitan dengan kewenangan pihak ESDM yang melampaui batas kewenangannya.

“Mereka hanya bisa mengakui kesalahannya, secara proses memang itu maladministrasi,” jelasnya.

Dari pantauan media Inikatasultra.com dua pelaku dijaga ketat oleh tim penyidik Kejati Sultra. BHR dan UMR berjalan keluar ke mobil tahanan dengan menggunakan rompi berwarna orange.(**)

Penulis : andri
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment