Wali Kota Kendari Bakal Segel Tambang Galian C Ilegal di Nambo

0 Komentar

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. (Foto: Febi Purnasari/IKS)

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Sebuah perusahaan tambang galian C yang bernama CV. EChal yang berada di Kecamatan Nambo, diduga beraktifitas tanpa mengantongi izin dari pemerintah setempat.

Padahal sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah melayangkan surat untuk dilakukan penutupan sementara karena tak memiliki izin alias ilegal tetapi tetap melakukan aktifitas galian.

Tetapi, bukannya mengurus periizinan, perusahaan tersebut diduga mengganti nama perusahaan menjadi PT.NET agar tidak diketahui oleh pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, dengan tegas mengatakan akan melakukan pengcekan kembali.

“Berarti memang mereka ini tidak ada keinginan untuk mengikuti aturan,” ujar Sulkarnain Kadir, saat ditemui di Kantor DPRD Kota Kendari, Rabu (09/06/2021) .

Lanjut Sulkarnain, jika memang benar perusahaan tersebut tidak memiliki izin, pihaknya akan mengambil langkah tegas.

“Nanti kita akan segel, kita tidak izinkan beraktifitas. Karena kalau tindakannya ilegal berarti tidak berkontribusi pada PAD. Artinya kita semua dirugikan,” katanya.

Menurutnya, Pemkot Kendari telah bekerja semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya banjir. Jangan sampai, ulah dari penambang liar seperti ini akan berdampak pada kerusakan lingkungan.

“Makanya saya minta seluruh masyarakat membantu pemerintah bersama-sama memantau, karena dengan informasi dari masyarakat kita bisa merespon dengan cepat,” pungkasnya. (**)

Penulis : Febi Purnasari
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment