Kasus Covid-19 Melonjak, Vietnam Minta SEA Games 2021 Ditunda?

0 Komentar

INIKATASULTRA.com – Pesta Olahraga terakbar Asia Tenggara, SEA Games 2021 yang rencananya akan digelar di Vietnam terancam ditunda. Itu karena adanya peningkatan kasus COVID-19 di negara tersebut.


Menurut New Straits Times, SEA Games 2021 di Hanoi berada di bawah ancaman menyusul lonjakan infeksi yang dikaitkan dengan penemuan varian baru COVID-19 di negara tersebut.

Pejabat kesehatan di Vietnam mengatakan bulan lalu bahwa varian itu adalah hibrida antara yang ditemukan di India dan Inggris.

Vietnam telah berjuang melawan lonjakan kasus dan penghitungannya pada bulan April menyumbang lebih dari setengah dari total infeksi terdaftar di negara itu sejak pandemi melanda.

The New Straits Times melaporkan Komite Olimpiade Vietnam menulis surat kepada Komite Olimpiade Nasional (NOC) yang bersaing pekan lalu mengenai peningkatan tingkat infeksi.

Surat itu tidak memberikan indikasi apakah turnamen, yang dijadwalkan akan diadakan dari 21 November hingga 2 Desember, akan ditunda.

Pertemuan antara 11 Komite Olimpiade peserta SEA Games akan menggelar pertemuan, Rabu (9/6) besok.

Kekhawatiran atas fakta bahwa atlet tidak dapat berlatih selama pandemi dan mengamankan keselamatan lebih dari 10.000 atlet, ofisial, dan peserta lainnya adalah salah satu alasan yang untuk kemungkinan penundaan.

Vietnam Net melaporkan bahwa pemerintah negara tersebut telah meminta Panitia Penyelenggara untuk menyusun rencana untuk menyelenggarakan SEA Games 2021 selama pandemi, sebelum nasib acara tersebut diputuskan.

Penundaan hingga 2022 akan menimbulkan beberapa tantangan bagi penyelenggara mengingat sejumlah acara besar yang akan diadakan tahun depan. Termasuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Commonwealth Games di Birmingham.

Terkait wacana SEA Games 2021 ditunda, Singapura dikabarkan telah menawarkan untuk jadi tuan rumah bersama dengan menggelar beberapa cabang olahraga di negara tersebut.

Di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam akan dipertandingan 40 cabang olahraga. (pojoksatu)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment