Covid-19 Belum Musnah, 75 Jamaah Calon Haji Muna Batal Ke Tanah Suci

0 Komentar

Kepala Kemenag Muna, Kammarudin. (Foto:Andik)

MUNA, INIKATASULTRA.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan surat Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 660 tertanggal 3 Juni 2021, terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun ini.

Penyebab pembatalan tersebut tentu dikarenakan masih mewabahnya Covid-19, termasuk pertimbangan kesehatan dan keselamatan seluruh Jamaah Calon Haji (JCH).

KMA ini sudah pasti berimbas pada seluruh JCH di Indonesia, termasuk di Kabupaten Muna. Untuk di Muna yang batal menunaikan ibadah haji berjumlah 75 orang.

“Ini tahun kedua pembatalan keberangkatan jamaah calon haji setelah pandemi Covid-19 menyebar. semoga virus corona segera berakhir, sehingga impian masyarakat untuk menunaikan ibadah haji tercapai pada tahun-tahun kedepan. Pemerintah pasti memikirkan yang terbaik bagi seluruh masyarakat,” ujar Kepala Kemenag Muna, Kammarudin, Senin (7/6/2021).

Olehnya itu, ia berpesan pada 75 JCH Muna sekiranya senantiasa selalu bersabar serta ikhlas, sebab hal ini bukan kemauan manusia melainkan sudah menjadi kehendak Allah, SWT.

“Insyaallah apa yang menjadi niat JCH kita telah dicatat oleh Allah, SWT. Kesehatan dan keselamatan umat yang utama,” katanya.

Disamping itu, dia katakan terkait penarikan dana haji diserahkan kemasing-masing JCH, yang pasti dananya tetap aman dan tidak diganggu gugat.

“Diserahkan kemasing-masing JCH, apabila ada yang ingin menarik atau tidak itu hak mereka. yang kita pastikan bahwa dana mereka tetap aman,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 75 orang JCH yang kembali batal ketanah suci untuk menunaikan ibadah haji tahun ini, mereka yang telah mengantri selama kurang lebih 8 tahun. Daftar tunggu bagi yang baru akan mendaftar selama 22 tahun. (Andik)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment