Sultra Tuan Rumah Munas Kadin 2021, Momentum Promosi Potensi Daerah dan Kebangkitan Ekonomi

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk memilih ketua umum baru periode 2021-2026 yang akan berlangsung di Kota Kendari pada akhir Juni 2021 mendatang.

Terpilihnya Sultra sebagai tuan rumah disambut positif oleh berbagai kalangan mulai dari pelaku usaha, politisi hingga masyarakat.

Dukungan yang sama pun datang dari Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Dirga Mubarak.

Menurut Dirga, dengan adanya event berskala besar tersebut akan berdampak ekonomi sehingga dapat menjadi momentum kebangkitan perekonomian dan pengusaha Sultra.

“Pelaksanaan Munas Kadin VIII ini akan ada dampak ekonomi, yang kita harapkan akan menjadi sangat positif khususnya untuk Sultra,” kata pria yang juga menjadi pengurus Kadin Sultra Komite Tetap Bidang Distribusi itu, Kamis (3/6).

Seperti diketahui, lanjut Dirga diawal kuartal kedua ini, April-Mei pertumbuhan ekonomi Sultra sudah menunjukkan sinyal ekonomi yang baik dengan angka 0,06 persen.

“Sektor ekonomi lambat laun telah bertumbuh. Pandemi Covid-19 tidak boleh menjadi halangan untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Nasional, dan regional Sultra, khususnya pendapatan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Dirga juga menyebut agenda Munas dapat memperkenalkan Sultra yang diketahui memiliki lahan ivestasi yang cukup banyak, mulai dari pertambangan, pariwisata, pertanian, dan perikanan.

Apalagi, kata Koordinator Panitia bidang Penjemputan 33 Provinsi di Munas Kadin itu, tidak sedikit pengusaha dari berbagai sektor yang bergabung di Kadin Indonesia. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi Sultra.

“Saya kira dengan pelaksanaan Munas Kadin di Kendari, para pengusaha bisa hadir dan melihat investasi apa yang bisa dilakukan di Sultra,” tukas Dirga.

Selain itu, dengan adanya kegiatan-kegiatan berskala nasional seperti Munas Kadin tersebut sangat terdampak bagi perekonomian, terutama yang bergelut di bidang pariwisata.

Olehnya itu, Dirga mengajak pemerintah daerah (Pemda) di 17 kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra saling bersinergi menyambut kegiatan Munas Kadin Indonesia.

“Mudah-mudahan pariwisata dan ekonomi kreatif akan semakin baik. Mari bersama-sama menyukseskan kegiatan Munas, demi kemajuan Sultra,” imbuhnya.

Dalam mensuksesakan acara tersebut, Kadin Sultra kata Dirga, mulai bergerak secara maraton untuk mempersiapkan segala kebutuhan. Selain itu mendukung pelaksanaan Munas, Kadin Sultra juga mempersilahkan UMKM di Kota Kendari untuk memanfaatkan momen tersebut sebagai sarana promosi usaha. (**)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment