Terpidana Korupsi PLTU Lasunapa Kembalikan Uang Korupsi ke Negara

0 Komentar

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Agustinus Baka Tangdililing (Foto: RS)

MUNA, INIKATASULTRA.com – Mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna, Arifin akhirnya memiliki itikad baik untuk mengembalikan kerugian negara dalam kasus korupsi PLTU Lasunapa sebesar Rp313 juta.

Uang tersebut diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Agustinus Baka Tangdililing dari istri Arifin di Kejari Muna, Rabu (5/5/2021).

Uang itu kemudian langsung diserahkan pihak kejaksaan ke kas negara melalui Bank BRI hari itu juga. Kepada Rakyat Sultra, Agustinus mengungkapkan bahwa uang tersebut adalah uang pengganti masa tahanan selama satu tahun.

Dengan demikian kata dia, Arifin yang divonis enam tahun penjara dan denda sebesar Rp 200 juta, dipastikan tak akan berlebaran lagi di sel tahanan Rutan Kendari, namun sudah bisa menghirup udara bebas dan berlebaran di rumah bersama keluarga tercintanya.

Agustinus mengapresiasi itikad baik pihak keluarga Arifin yang mau menyerahkan uang pengganti tersebut kepada negara. Ia pun menghimbau kepada terpidana atau tersangka kasus korupsi lainnya agar memiliki kesadaran yang sama untuk mengembalikan kerugian negara, sebab salah satu tujuan penanganan kasus korupsi adalah berupaya untuk mengembalikan kerugian negara dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. (sra/aji/RS)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment