Kades Wakambangura 1: Optimis BLT-DD Tersalurkan Sebelum Idul Fitri

0 Komentar

BUTENG, INIKATASULTRA.com – Menjelang hari raya Idul Fitri, program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Belum mencapai target seluruhnya, dimana penyaluran tahap II periode bulan Februari hingga saat ini masih belum tersalurkan. Seperti yang terjadi di salah satu desa yang ada di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah ini.

Bantuan tersebut belum tersalurkan disebabkan belum adanya pencairan anggaran hingga saat ini, namun Kepala desa Wakambangura 1, Maiddin Optimis BLT tersebut dapat diterima oleh masyarakatnya sebelum Idul Fitri.

“Sampai saat ini kita baru tahap awal penyaluran untuk bulan Januari, hanya saja tidak tahu desa lain sudah masuk tahap keberapa tapi untuk Desa Wakambangura 1 sampai saat ini baru periode bulan Januari,” jelas Maiddin saat di konfirmasi di kantor desanya, Jumat (7/5/2021).

Kendati demikian, Maiddin tetap optimis soal BLT-DD tahap II ini akan bisa disalurkan sebelum Idul Fitri tiba, mengingat manfaat dari bantuan langsung tunai yang berasal dari DD tersebut sasaran utamanya adalah keluarga penerima manfaat yang memiliki pendapatan di bawah rata-rata.

“Kita tetap optimis bahwa sebelum Idul Fitri tiba, anggaran BLT-DD pasti akan tercairkan mengingat dimana kebutuhan masyarakat ketika hari besar seperti ini meningkat sehingga kami yakin anggaran akan masuk sebelum hari raya nanti,” ungkapnya.

Menurut Maiddin terlambatnya anggaran BLT-DD tersebut masuk kemungkinan diakibatkan rolling pembagian anggaran karena ditahun 2020 lalu Desa Wakambangura 1 ini selalu lebih dulu mendapatkan kesempatan penyaluran BLT dibanding desa-desa lain yang ada di Buteng.

“Saya tidak terlalu yakin, tapi kemungkinan seperti itu kita di rolling jadi masing-masing desa punya kesempatan untuk lebih dulu menyalurkan, karena di tahun 2020 desa kami ini sudah yang paling awal menyalurkan bantuan, jadi mungkin biar seimbang,” bilangnya.

Maiddin juga berharap agar BLT-DD tersebut bisa digunakan dengan baik oleh masyarakatnya apalagi mengingat menjelang hari besar Islam ini kebutuhan ekonomi masyarakat meningkat sehingga dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

“Intinya kita berharap dan berdoa semoga dalam beberapa hari terakhir sebelum Idul Fitri anggaran tersebut sudah bisa disalurkan, melihat dari desa-desa lain sudah masuk tahap III. Juga Agar masyarakat bisa menggunakan uang tersebut dengan baik seperti misalnya ingin membeli baju lebaran dll,” tutupnya.

Adapun data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD tahap II di tahun 2021 ini berjumlah 166 KPM yang sesuai dengan data DTKS yang tersebar di beberapa dusun, dengan jumlah bantuan sebesar Rp300 ribu per KPM. (And)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment