Terkait Larangan Mudik, Dinkes Kendari: Sabar Dulu

0 Komentar

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Rahminingrum. (Foto: Febi Purnasari/IKS)

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Terkait adanya larangan mudik oleh pemerintah mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, banyak masyarakat yang memanfaatkan momen sebelum hari H pelarangan mudik.

Bahkan, meskipun pada tanggal 6 Mei hari pertama berlaku pelarangan mudik, masih saja banyak masyarakat yang tidak patuh atas aturan tersebut sehingga menyebabkan kerumunan, misalnya di pelabuhan Kota Kendari.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Rahminingrum, mengatakan agar seluruh masyarakat tetap patuh terhadap aturan tersebut.

“Sabar dulu lah, kita tidak mudik tidak mati kok,”ucap Rahminingrum, saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (06/06/2021).

Karena menurutnya, untuk menekan angka lonjakan pasien COVID-19 tidak meningkat lagi dibutuhkan kerjasama semua pihak.

“Dibutuhkan kerja sama kita semua, kita tidak mau seperti India. Tidak mungkin pemerintah mau bekerja sendiri, berjuang sendiri. Tidak mungkin Dinkes sendiri mati-matian mau hentikan pandemi kalau masyarakatnya tidak sadar kalau ini tanggung jawab bersama. Kalau masing-masing mengedepankan ego, ya susah,”ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait dibukanya pusat perbelanjaan, ia menyebut itu merupakan suatu kebutuhan berbeda dengan mudik.

“Yang perlu diatur itu pengawasannya supaya ditempat itu bisa tetap mematuhu protokol kesehatan, supaya mereka tidak berkerumun,” tambahnya. (**)

Penulis: Febi Purnasari

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment