Mau Masuk Konkep Jelang Lebaran, Ini Syarat Wajibnya

0 Komentar

KONKEP, INIKATASULTRA.com – Peniadaan mudik di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah mendatang, membuat seluruh daerah di Indonesia melakukan pengetatan bagi pendatang. Seperti halnya juga diterapkan di Kabupaten Konawe Kepulauan (Pemkab).

Periode peniadaan mudik bakal berlaku mulai 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Hal itu berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas Satgas Covid-19 Nomor 13 tentang Pelarangan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan edaran tersebut, Pemkab (Konkep) dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) mengeluarkan himbauan bagi pemudik.

“Tidak ada pelarangan untuk mudik namun ada pengecualian,” kata Kadis Perhubungan Konkep, Harsin Abdul Rahim, Selasa (04/05/2021).

Pengecualian tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki kepentingan mendesak. Seperti orang yang melakukan perjalanan dinas.

Baik bagi ASN, pegawai BUMN atau BUMD, Polri, TNI, atau pegawai swasta. Namun harus dilengkapi dengan surat tugas dengan tanda tangan pimpinan. Selain itu, kunjungan keluarga sakit, anggota keluarga meninggal termasuk pelayanan kesehatan darurat seperti ibu hamil.

Sedangkat transportasi melalui kapal fery dan kapal rakyat tetap beroperasi sepanjang melayani kebutuhan dasar pokok masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021.

Untuk diketahui bagi ASN yang melakukan perjalanan dinas harus memiliki surat keterangan dari lurah atau desa sesuai domisilinya masing dan wajib membawa surat perintah tugas dari atasannya sedangkan sedangkan masyarakat secara umum wajib membawa hasil rapid test antigen. (Eka)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment