Harus Tahu! Ternyata Membayar Zakat Fitrah Juga Ada Syarat yang Harus Dipenuhi

0 Komentar

INIKATASULTRA.com – Membayar Zakat Fitrah yang selalu dilakukan ketika menjelang hari raya Idul Fitri ternyata tidak boleh sembarangan juga dilaksanakan loh Sobat Inikatasultra.

Pastinya terdapat syarat yang harus umat Muslim tahu. Nah berikut syarat wajib Zakat Fitrah agar ibadah Ramadan semakin benar dan sempurna, sehingga rezeki yang disalurkan untuk para penerima zakat menjadi berkah:

  1. Beragama Islam: syarat wajib pertama yaitu muzakki atau pembayar zakat harus beragama Islam.
  2. Merdeka: Muzakki sedang dalam keadaan merdeka yang artinya bebas dari penjajahan, tidak menjadi budak, dan mampu secara finansial serta mental.
  3. Menemui dua waktu: Zakat Fitrah dilaksanakan saat menemui dua waktu, yaitu antara bulan Ramadhan dan 1 Syawal sesaat.
  4. Memiliki harta yang cukup: seorang muslim yang wajib membayar zakat fitrah harus memiliki harta yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk dirinya sendiri maupun orang di bawah tanggungannya.

Selain syarat wajib zakat, ada pula kelompok yang tidak wajib menunaikan Zakat Fitrah, yaitu:

  1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadan.
  2. Anak yang lahir setelah terbenam matahari pada akhir bulan Ramadan.
  3. Mualaf yang baru memeluk agama Islam, setelah matahari terbenam pada akhir bulan Ramadan.
  4. Tanggungan istri yang baru dinikahi setelah selepas matahari terbenam pada akhir Ramadan.

Itulah penjabaran lengkap mengenai syarat melakukan zakat fitrah. Gimana Sobat Inikatasultra, kalian sudah melakukan kewajiban Zakat Fitrah belum? (Tiptren)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment