Ini Besaran Zakat Fitrah di Konawe Kepulauan

0 Komentar

KONKEP, INIKATASULTRA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepualaun (Konkep) akhirnya menetapkan besaran zakat fitrah tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi sebesar Rp 38.500,00/ jiwa.

Penetapan ini berdasarkan surat keputusan Bupati Konawe Kepulauan Nomor 66 Tentang Penetapan Besarnya dan Pendayagunaan Zakat Fitrah Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Kabag Kesra Konawe Kepulauan, Siti Sulaeha Abbas kepada beberapa awak media saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, bagi yang membayar dengan uang, maka besaran zakat fitrahnya disesuaikan dengan beras yang dikonsumsi setiap hari.

Sulaeha Abbas menjelaskan bagi yang mengkonsumsi beras kualitas terbaik (beras kepala dan sejenisnya), ditetapkan sebesar Rp 38.500,00/jiwa.

Beras pandan wangi dan sejenisnya ditetapkan sebesar Rp 35.000/jiwa, jenis beras dolog dan sejenisnya Rp 31.500,00/jiwa, sedangkan bagi yang mengkonsumsi bahan makanan seperti sagu dan ubi atau non beras sebesar Rp 17.500,00/jiwa.

“Pengumpulan zakat harta dan Zakat Fitrah dilakukan unit pengumpul zakat (UPZ) atau amil dengan berkoordinasi pihak pengurus baziz tingkat desa,” ujar Sulaeha Abbas, Kamis (29/04/2021).

Selanjutnya, untuk Zakat Fitrah didistribusi langsung oleh unit panitia pendistribusi zakat (UPPZ) kelurahan/desa kepada yang berhak menerima dalam kelurahan atau desa masing-masing dengan pengaturan pembagian 20 persen untuk UPZ dan 80 persen untuk fakir miskin.

Sulaeha Abbas mengimbau kepada segenap umat muslim di Kabupaten Konawe Kepulauan agar membayar zakat hartanya segera, sehingga dapat terdistribusi kepada mustahik lebih cepat. (Eka)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment