Bentuk Pokdarwis Desa Untuk Kembangkan Potensi Wisata di Konkep

0 Komentar

KONKEP, INIKATASULTRA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepualauan (Konkep) membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa.

Ini dilakukan untuk mengembangkan potensi wisata di beberapa desa yang telah ditetapkan sebagai Desa Pariwisata oleh Bupati Konkep, Ir H Amrullah belum lama ini.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konkep, Armin mengatakan tahun 2021 ini pihaknya telah menetapkan beberapa desa sebagai Desa Wisata yakni Desa Tanjung Batu, dan Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat.

“Selain itu, Desa Labeau dan Tumburano Kecamatan Wawonii Utara, Desa Watu Ondo Kecamatan Wawonii Timur Laut, Desa Tekonea Kecamatan Wawonii Timur, serta Desa Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara, termasuk Kelompok Sadar Wisata masing-masing yang akan menjadi mitra dalam mengembangkan potensi wisata desa,” katanya, Kamis (15/4).

Setelah ditetapkannya tujuh desa wisata di Konkep, Armin berharap desa tersebut bisa berkreasi untuk membantu Pemerintah Kabupaten dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa masing-masing.

“Ada kolaborasi antara pemerintah desa dan Kabupaten terutama dari sisi penganggaran karena Pemkab fokus pada pembangunan destinasi wisata andalan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Tumburano, Asnal mengaku berterima kasih kepada Pemkab Konkep dalam hal ini Bupati H Amrullah yang kini telah menetapkan Desa Tumburano sebagai salah satu desa wisata di Konkep.

Setelah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata, langkahbawal yangbakan dilakukannya bersama masyarakat yakni menjamin keamanan wisatawan saat berkunjung di objek wisata Air Terjun Tumburano.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten sudah memberi ruang kepada Kami (Desa) untuk lebih aktif berperan mengembangkan potensi wisata di Wawonii, untuk tahun ini karena sinergi dalam hal anggaran untuk pengembangan wisata belum terencana, karena Dana Desa harus melalui musyawarah bersama masyarakat, sehingga tahun ini yang akan Kami lakukan dari desa yaitu baru sebatas menjamin keaman para pengunjung wisata Tumburano, menjadi harapan Kami dari desa bisa diberi ruang untuk menyiapkan sarana pendukung wisata yang bisa membuat pengunjung lebih nyaman,” harapnya. (ain/nan/BKK)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment