Kembangkan Potensi Wisata, Pemkab Konawe Kepulauan Tetapkan Tujuh Desa Wisata

0 Komentar

KONKEP, INIKATASULTRA.com – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus mendorong potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan, salah satunya adalah sektor pariwisata. Karena itu daerah yang baru mekar 8 tahun itu menetapkan tujuh desa sebagai desa wisata tahun 2021.

Ketujuh desa itu yakni, Desa Tanjung Batu, dan Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat. Desa Labeau, dan Desa Tumburano Kecamatan Wawonii Utara, Desa Watu Ondo Kecamatan Wawonii Timur Laut, Desa Tekonea Kecamatan Wawonii Timur, serta Desa Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara.

Demikian yang disampaikan Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parmudora) Konkep Armin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/4/2021).

Menurutnya tujuan penetapan desa wisata itu merupakan salah satu upaya mendorong dan memotivasi kepariwisataan di daerah.

“Untuk tahun ini, itu dulu yang ditetapkan sesuai dengan potensi wisatanya masing-masing. Tahun depan bisa ditambah,” katanya.

Dengan ditetapkannya desa wisata di Konkep, Armin berharap desa tersebut bisa berkreasi untuk membantu Pemerintah Kabupaten dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa.

“Ada kolaborasi antara pemerintah desa dan Kabupaten terutama dari sisi penganggaran karena Pemkab fokus pada pembangunan destinasi wisata andalan,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk menunjang desa wisata yang telah ditetapkan melalui ketetapan Bupati Konkep.

“Tahun ini mereka akan ikut pelatihan, sekitar bulan Juni 2021,” tandasnya. (rakyatsultra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment