Kades Sapoiha Kolut Berdayakan Jembatan Titian Jadi Objek Wisata

0 Komentar

Pembangunan jembatan titian dermaga tua di Desa Sapoiha. (Foto: Reno/IKS)

KOLUT, INIKATASULTRA.com – Desa Sapoiha yang berada di Kecamatan Watunohu Kabupaten Kolaka Utara saat ini dipelopori menjadi pengembangan objek wisata dengan memanfaatkan jembatan titian dermaga tua yang melintasi daerah itu.

Kades Sapoiha melalui Sekdesnya Taufik mengatakan program ini menjadi program lanjutan dari tahun 2019 sampai tahun 2021 saat ini masih tahap pembangunan jembatan titian dermaga tua yang akan menjadi wisata nasional. Dan nantinya akan berdampak pada pendapatan desa bisa lebih maju dan berkembang.

Taufik menjelaskan anggaran yang di pakai Rp.110 juta untuk tahun 2019 sampai tahun 2020, dana yang digunakan 110 juta dan tahun ini masih lanjut pembangunan Gasebo dengan jambatan titian.

Lanjutnya, target penyelesaian pembangunan jembatan titian dermaga tua tentu memiliki jangkah waktu.

“Insya Allah tahun 2023 akan selesai dan sterusnnya kami menyerahkan Badan usaha milik desa Sapoiha (Bumdes Sapoiha) untuk melakukan pengelolaan dan bisa menyewaakan fasilitas seperti Gasebo kepada pengunjung,” ujarnya, Selasa (26/1).

Pihaknya berharap dari program pembangunan jembatan titian bisa selesai sampai tahun 2023 dan bisa menjadi desa percontohan di Kolaka Utara.

“Kami dari pemerintah Desa Sapoiha, Kecamatan Watunohu adanya bangunan dermaga tua dan fasilitas gedung tua, yang dulu difungsikan tempat sandar kapal angkutan umum kini terbangkalai. Kami berharap dari pemerintah dari dinas terkait seperti Dinas Perhubungan harusnya ada perhatian khusus untuk dikembangkan atau dialihfungsikan supaya putaran ekonomi masyarakat Sapoiha bisa lebih berkembang,” tutupnya. (Reno)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment