Pam Swakarsa Calon Kapolri Listyo Semengerikan Itu kah? Seperti Era Soeharto? Yang Intimidatif Itu?

0 Komentar

INIKATASULTRA.com – Rencana calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang kembali menghidupkan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa dinilai kontroversial.

Pasalnya, Pam Swakarsa selama ini identik yang dilakukan di era Orde Baru pimpinan Soeharto.

Saat itu, Pam Swakarsa kerap melakukan berbagai bentuk intimidasi dan pelanggaran HAM terhadap warga.

Namun, dipastikan bahwa Pam Swakarsa versi Komjen Listyo sangat jauh berbeda dengan versi Soeharto.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dalam keterangannya kepada wartawan, di Jakarta, Senin (25/1/2021).

“Jelas kok dalam aturan Kapolri bahwa Pam Swakarsa yang dimaksud adalah siskammling, satpam, hingga pecalang di Bali dan mahasiswa serta siswa bhayangkara,” ujar Sahroni.

Karena itu, sosok yang dijuluki Sultan Tanjung Priok ini memastikan bahwa Pam Swakarsa Listyo sama sekali berbeda.

“Jadi jelas-jelas jauh beda dengan Pam Swakarsa di era Pak Harto,” sambungnya.

Menurutnya, keberadaan Pam Swakarsa nanti akan membuat semua elemen keamanan yang sudah ada sejak dulu bisa bekerja maksimal.

“Justru dengan dimunculkannya kembali oleh Kapolri yang baru maka mereka bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas,” kata dia.

“Karena mereka akan memiliki tugas dan fungsi yang jelas, hingga kinerjanya akan lebih maksimal,” papar politisi Partai Nasdem ini.

Kendati demikian, Sahroni mengakui bahwa ‘Pam Swakarsa’ memang identik dengan yang ada saat Orde Baru.

Karena itu, ia mengusulkan agar penamaan itu diganti saja.

“Mungkin bisa diganti aja narasi dan namanya. Jangan Pam Swakarsa, biar rakyat nggak bingung,” saran anak buah Surya Paloh ini.

Untuk diketahui, dalam fit and proper test di Komisi III DPR RI, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan akan kembali mengaktifkan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa.

“Ke depan, tentunya Pam Swakarsa perlu diperanaktifkan dalam mewujudkan harkamtibmas, jadi kita hidupkan kembali,” ujar Listyo.

Bahkan, Listyo menjanjikan pelaksanaan Pam Swakarsa akan diintegrasikan dengan teknologi dan fasilitas di Polri.

“Tentunya kita integrasikan dengan perkembangan teknologi dan informasi fasilitas-fasilitas yang ada di Polri,” sambungnya.

“Sehingga kemudian bagaimana Pam Swakarsa ini bisa tersambung atau terkoneksi dengan petugas-petugas kepolisian,” kata Listyo. (**)

Sumber : pojoksatu
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment