Terbongkar! Galang Dana Berkedok Gempa Mamuju, Empat Anak Jalanan Ini Ditangkap

0 Komentar

Galang dana berkedok gempa Mamuju

SULSEL,INIKATASULTRA.com-Rasa duka masih menyelimuti korban gempa di Mamuju dan di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Namun ada-ada saja orang yang memanfaatkan momen itu, untuk mendapat keuntungan.

Contohnya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di sana, empat anak jalanan sedang mencari uang dengan berkedok menggalang dana untuk korban gempa di Sulbar.

Mereka menggalang dana dan mengatasnamakan korban gempa Mamuju. Padahal uang hasil penggalangannya itu dipakai untuk kebutuhannya sehari-hari saja.

Aksinya itu dilakukan tepat di samping kantor Satpol PP Gowa, Jalan H Agus Salim. Petugas Satpol PP yang melihat itu curiga dan langsung menangkap keempat anak jalanan tersebut.

“Dari gerak-geriknya memang mencurigakan. Makanya semuanya kami amankan karena meresahkan pengendara. Apalagi para korban gempa di Sulbar,” kata Kabid Satpol PP Gowa, Rizki Abe, Rabu (20/1/2021).

Saat ditangkap dan diamankan di kantornya, lanjut Abe, pihaknya tidak menemukan barang bukti berupa uang hasil penggalangan dari anak jalanan itu.

Hanya saja, pihaknya menemukan dua buah kardus yang digunakan untuk menampung uang hasil galangannya itu.

“Beruntung belum ada pengendara yang kasih mereka uang untuk ia salahgunakan. Mereka juga tidak mau mengaku, siapa yang suruh mereka melakukan hal ini,” jelasnya.

Pihaknya khawatir, empat anak jalanan ini sudah berulang-ulang kali melakukan aksinya itu. Baik di Kabupaten Gowa maupun di tempat lainnya.

Olehnya itu, Satpol PP Gowa mengamankan anak jalanan itu lalu diberi pembinaan dan peringatan, agar tidak lagi memanfaatkan momen berduka saat ini untuk kepentingan pribadi mereka.(Fajar/IS)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment