Kadinsos: Stop Beri Uang ke Anak Jalanan!

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Menjamurnya anak jalanan (anjal) di Kota Kendari menjadi perhatian serius Pemkot Kendari. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberantas keberadaan anjal. Mulai dari razia, pembinaan hingga menyiapkan rumah penampungan. Bukannya berkurang justru anjal kian bertambah termasuk anjal “impor” dari luar daerah.

Untuk mengatasi keberadaan anjal, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari meminta warga metro untuk tidak membiasakan diri memberi uang pada anak jalanan (anjal). Sebab hal itulah yang akan memicu hadirnya kelompok anjal baru di Kota Lulo.

“Berbagai upaya telah kami lakukan untuk memberantas anak jalanan. Tapi tetap saja bermunculan. Setelah kami selidiki, ternyata salah satu penyebab terus munculnya anak jalanan karena kebiasaan kita yang selalu memberi uang dijalanan. Utamanya di lampu merah. Saya minta ini tidak dilakukan lagi” tegas Indra Muhammad, Kepala Dinsos Kota Kendari.

Berdasarkan pantuan yang dilakukan timnya di lapangan, setiap hari tercatat sekira 20 anak jalanan yang tersebar di berbagai titik di Kota Kendari terutama di traffict light.

“Setiap hari kami lakukan pengawasan. Kalau kita temukan, khususnya anak-anak dari Kota Kendari, kita kembalikan ke orang tuanya. Dan kalau dari luar daerah kita kembalikan juga ke daerah mereka,” kata Indra Muhammad.

Penanganan permasalahan anjal, tidak bisa dilakukan dengan cara kekerasan. Mengingat rata-rata anjal yang didata masih di bawah umur. Ada dugaan ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang sengaja mengekspoitasi keberadaan anjal.

“Sesuai instruksi Pak Wali Kota, untuk mengatasi anak jalanan itu harus menggunakan pendekatan persuasif, kareba mereka juga manusia, apalagi sebaian dari mereka anak-anak. Kalau kita temukan langsung kami serahkan ke orang tuanya. Justru kita ingatkan orang tuanya. Kita bina agar tidak membiarkan anaknya turun ke jalan,” tegas Indra.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta Dinsos Kendari untuk serius menagani anak jalanan yang semakin marak terlihat di jalanan.

“Ada satu hal yang saya minta kepada Pak Kadis, ini soal penaganan anak jalanan. Tolong diperhatikan dan diprioritaskan. Karena masalah ini terus saja masuk ke saya keluhanya,” kata Sulkarnain. (KP)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment