Disdukcapil Kolut Terapkan Silaku, Program Pelayanan Cepat, Ramah, dan Gratis

0 Komentar

Kadisdukcapil Kolut, Buhari. (Foto: Reno/IKS)

KOLUT,INIKATASULTRA.com-Dinas Pendudukan dan Pencatatan sipil Kolaka Utara (Disdukcapil Kolut) terapkan program inovasi Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara (Silaku) tahun 2021, aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan cepat dan ramah secara gratis.

Kadis Disdukcapil, Drs.Buhari,M.M. menerangkan, dalam menerjemahkan sistem aplikasi Silaku ini secara mudah,cepat dan gratis, pihaknya menerima dokumen seperti E-KTP akta kelahiran maupun kartu keluarga,(KK), dan lainnya. Bisa diproses melalui online (daring) maupun menggunakan kurir untuk mengurangi antrian masyarakat.

“Masyarakat yang tidak sempat mengirim dokumennya secara online bisa gunakan Kurir. Yang bisa dijangkau di lingkup ibu kota Lasusua, seperti desa Ratelimbong, desa Tojabi,desa Patowonua, desa Pitulua, dan desa Ponggiha, demi mengurangi antrian pelayanan,” ungkapnya.

Buhari memaparkan, desa-desa yang jauh dari kabupaten Lasusa, direncanakan ke depan akan dilakukan kerja sama dengan kepala desa untuk mendrop kertas HVS A4 80 Gram. Guna mencetak dokumen yang dikirim melalui aplikasi PDF. Pengiriman secara online menggunakan Sistem Layanan Adminduk (Silaku) yang akan diterapkan di tahun 2021.

Mengenai dua dokumen yang tidak bisa dicetak secara mandiri, lanjut Buhari, yaitu pertama kartu identitas anak dan kartu penduduk E-Ktp. Yang lain bisa di cetak secara mandiri. Ke depan, pihaknya melakukan sosilisasi kepada masyarakat desa, untuk menyepakati bersama mencetak dokumen kependudukan di kantor desa saja. Ia juga menyinggung terkait pelayanan di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. Hal ini merupakan Perintah dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri guna mewujudkan pelayanan yang lebih pro aktif di masing-masing kabupaten.

“Pelayanannya jam 9 sampai jam 2 siang, yang bertugas pelayanan hanya tiga orang staf yang khusus untuk mencetak E-KTP, maupun kartu identitas anak, dan kartu lainya yang dibutuhkan masyarakat. Agar tidak ada alasan masyarakat tidak memiliki identitas kependudukan.E-KTP,” pungkasnya. (Red/Marno)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment