Melihat Pesona Keindahan Padang Alang-alang Bukit Ikhsan di Baubau

0 Komentar

(Foto: Publik Satu)

BAUBAU, INIKATASULTRA.com – Keindahan destinasi wisata di Kota Baubau memang tak pernah habis, salah satu yang terbaru adalah wisata alam Padang Alang-alang Bukit Ikhsan yang menyajikan pemandangan alam yang menyejukan hati.

Wisata alam ini merupkan wisata yang terletak di pinggiran Kota Baubau. Sekalipun lokasinya tidak jauh dari pemukiman masyarakat, wisata ini belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Wisata ini mulai populer di tahun 2016 melalui sosial media, hingga akhirnya sering dikunjungi oleh penikmat wisata alam. Wisata ini sangat cocok dinikmati pada saat liburan dan dikunjungi bersama sanak saudara.

Tak bisa dipungkiri, setiap yang berkunjung ke padang ini, pasti akan merasakan suasana alam yang begitu tenang, suara alam dan kicauan burung terdengar sepanjang hari. Tak hanya itu, pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya ilalang juga pegunungan yang ada di sekitarnya.

Padang ilalang ini sering menjadi ‘pelarian’ anak muda untuk menikmati suasana alam. Baik pagi hari, siang hari, sore hari maupun malam hari.

Pengunjung tak perlu kuatir ke lokasi, karena jaraknya hanya sekitar 200 meter dari perumahan Inulgi Kota Baubau. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua.

Sejak tahun 2016 lalu, tempat ini sudah sering dikunjungi wisatawan. Tidak sedikit para anak muda menikmati keindahan alam ini hingga malam hari, sambil melakukan aktiifitas kamping untuk menikmati suasana malam yang begitu tenang dan pemandangan pagi hari yang begitu indah.

Tidak jarang lokasi ini diselimuti kabut saat pagi hari sehingga pengunjung merasa bagai di negeri atas awan.

Beberapa bulan yang lalu padang ilalang ini sempat terbakar api, belum diketahui apa penyebabnya. Apakah dari ulah tangan manusia atau terbakar sendiri akibat panas matahari di musim kemarau. Namun tak menunggu waktu lama, ilalang kecilpun mulai tumbuh kembali dan tempat ini terlihat lebih indah dari sebelumnya.

Lokasi ini juga cukup strategis. Di mana terdapat tempat beristrahat di atas bukit ditemani dengan lebatnya pohon jati dan sambil menikmati indahnya padang alang-alang dari atas bukit.

Di tempat ini juga pengunjung bisa piknik atau melakukan kamping bersama kerabat dekat atau keluarga sehingga pengunjung tidak harus mendirikan tenda atau berduduk santai di atas alang-alang yang bisa merusak langsung pertumbuhan alang-alang itu sendiri.

Pengunjung diharapkan dapat menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah ketika bekunjung ke tempat ini. Selain itu pengunjung juga diharapkan dapat menjaga pertumbuhan dan kelestarian alang-alang tersebut dengan tidak memasang tenda kamping di atas padang ataupun menyalakan api, karena untuk tempat istrahat dan pendirian tenda kamping telah disediakan tempat khusus untuk tetap menjaga keindahan alam.

Untuk diketahui, jalur perjalanan ke tempat ini, pengunjung akan melewati perumahan Asriwijaya Kelurahan Bukit Wolio Indah, dan juga perumahan Inulgi, kemudian pengunjung harus melewati jalur bebatuan dan penurunan kurang lebih 15 meter.

Pengunjung dapat memarkir kendaraannya usai penurunan tersebut dan berjalan kaki kurang lebih 20 meter menuju puncak dan pengunjung telah bisa menikmati indahnya padang alang-alang dari atas puncak.

Bagi para pegawai, karyawan swasta atau tenaga kerja lainnya yang tidak memiliki waktu untuk berlibur ke luar kota, Padang Alang-alang Bukit Ikhsan ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. (Publik Satu)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment