Masih Uji Coba, Vaksin Covid-19 AstraZeneca Manjur Digunakan Lansia

0 Komentar

INIKATASULTRA.com – Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford memberikan kekebalan bagi lansia yang selama ini masuk ke dalam kelompok rentan.

Hal tersebut terlihat dari data uji coba tahap 3 yang sudah dilaporkan pada bulan lalu tetapi baru diterbitkan di jurnal medis The Lancet pada Kamis (19/11).

Para peneliti mengatakan, mereka yang berusia di atas 70 tahun dapat membangun kekebalan yang kuat untuk virus corona.

“Respons kuat antibodi dan sel T yang terlihat pada orangtua dalam penelitian kami sangat menggembirakan,” kata peneliti di Oxford Vaccine Group, Maheshi Ramasamy.

“Kami berharap vaksin kami akan membantu melindungi beberapa orang yang paling rentan di masyarakat, tetapi penelitian lebih lanjut akan diperlukan sebelum dipastikan,” lanjutnya, seperti dimuat Reuters.

Kandidat vaksin AstraZeneca yang disebut AZD1222 atau ChAdOx1 nCoV-19 menjadi satu di antara segelintir pelopor vaksin Covid-19 di sunia.

Dalam jurnalnya di The Lancet, AstraZeneca melibatkan 560 sukarelawan sehat untuk uji coba tahap 2. Sebanyak 160 orang berusia 18 hingga 55 tahun, 160 orang berusia 56 hingga 69 tahun, dan 240 orang berusia lebih dari 70 tahun. (RMOL)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment