Beredar Video Kadis Dikmudora Koltim Diduga Sawer-saweran Sambil Nyanyi, Bawaslu Bilang Begini

0 Komentar

KOLTIM, INIKATASULTRA.com – Dugaan pelanggaran Pilkada kembali menyeruak di Kolaka Timur. Kali ini, tindakan itu diduga dilakukan oleh pendukung kubu paslon nomor urut 1 Tony Herbiansyah-Baharuddin (BERSATU).

Terlihat dalam video berdurasi 36 detik dan 29 detik, istri paslon Bupati Tony Herbyansah yang juga kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikmudora), Surya Adelina Hutapea diduga tengah melakukan aksi sawer atau bagi-bagi uang kepada pendukungnya sambil berjoget diiringi lagu ‘Cinta Sabun Mandi’ di Posko Induk BERSATU yang berada di Desa Orawa, Kecamatan Tirawuta, Senin (16/11) malam pasca debat kandidat.

Potongan video tersebut pun menjadi viral karena menuai respon, sorotan dan perbincangan nitizen di media sosial Facebook. Banyak yang menyorot terkait protokol kesehatan yang dilanggar, pasalnya terlihat jelas bahwa Surya Adelia Hutapea bersama sejumlah simpatisan BERSATU tak menggunakan masker namun tetap asyik berjoget sambil bernyanyi.

Saat dikonfirmasi ke pihak Bawaslu mengenai dugaan pelanggaran tersebut, Koordiv Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Koltim, La Golonga menjelaskan dirinya baru mengetahui adanya video tersebut dan berjanji akan melakukan investigasi.

“Kami akan melakukan investigasi awal berdasarkan laporan lalu, hasil investigasi sesuai mekanisme baru kita plenokan agar informasi terang dan didudukkan secara hukum, katanya singkat, Rabu (18/11/2020).

Untuk diketahui, saat ini beberapa dugaan pelanggaran paslon BERSATU juga tengah dilaporkan kuasa hukum paslon Samsul-Meria Nur (SBM), Heris Ramadan ke pihak Bawaslu Koltim dan DKPP RI.

Diantaranya, kegiatan Rembug Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lingkup Koltim yang dihadiri Tony Herbiasyah pada 12 September 2020 lalu. Kemudian kegiatan pembagian mesin jahit di Desa Wande, Kecamatan Dangia yang dilakukan oleh Surya Adelina Hutape pada 17 September 2020.

Lalu, kehadarian Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa peresmian Objek Wisata Telaga Biru tepatnya di Desa Teposua Kecamatan Loea pada 2 September 2020. Dan sejumlah dugaan pelanggan lain yang dilakukan oleh Tim Kuasa Hukum BERSATU Irwansyah, Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Lasky Paemba, serta Sekretaris Desa Wia-wia, Kecamatan Poli-polia Made Suwirya. (Aas)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment