Pabrik Gulanya Diresmikan Jokowi, Haji Isam Bilang Begini

0 Komentar

INIKATASULTRA.com – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik gula di Kabupaten Bombana. Pabrik gula itu dimiliki oleh pengusaha kaya asal Bone, Sulawesi Selatan, Syamsuddin Andi Arsyad.

Sebagai bentuk rasa syukur atas peresmian pabriknya, Haji Isam –panggilan karib Syamsuddin Andi Arsyad– melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Haji Isam berharap pabrik gula miliknya di Bombana bisa memenuhi harapan pemerintah untuk memasok gula dalam negeri.

“Semoga pabrik gula kami bisa beroperasi dengan baik dan berproduksi maksimal sehingga bisa memenuhi harapan pemerintah untuk memasok kebutuhan dalam negeri,” ujar pria yang karib disapa Haji Isam itu, Rabu (28/10).

Dia menambahkan, pabrik gula miliknya memiliki kapasitas produksi yang sangat besar yakni sebanyak 12.000 ton cane per day (TCD).

Sebelumnya, Jokowi meninjau lokasi panen tebu dan meresmikan pabrik gula milik Haji Isam pada Kamis (22/10). Pabrik milik Haji Isam itu dioperasikan oleh PT Prima Alam Gemilang dengan teknologi modern yang didukung otomatisasi. Saat itu Jokowi memuji keberanian Haji Isam membuka usaha dan menanam investasi di Bombana.

Pembangunan pabrik milik Haji Isam dimulai tiga tahun lalu dengan nilai investasi sekitar Rp 5 triliun. Bahan baku dipasok dari petani tebu inti plasma seluas 22.797 hektare. Disebutkan bahwa pabrik ini mampu menyerap 15.000 tenaga kerja. (Jpnn)


Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment