Survei Pengaruh Tokoh di Konawe Selatan, PPI: Irham Kalenggo Tertinggi

0 Komentar

KENDARI,INIKATASULTRA.com – Parameter Publik Indonesia (PPI) membuka data surveinya di Pilkada Konawe Selatan. Kali ini, data survei yang dibuka terkait pengaruh elektoral Irham Kalenggo setelah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Surunuddin Dangga-Rasyid (SUARA).

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Ras Md mengatakan, Irham Kalenggo yang dulunya sebagai bakal calon bupati, dengan posisi saat ini tentu punya nilai berbeda di mata publik. Bukan lagi soal elektabilitas, tapi soal pengaruh.

Ia menjelaskan, pengaruh elektoral Irham Kalenggo sangat baik. Bahkan ia tergolong tokoh berpengaruh di Konawe Selatan. Angkanya mencapai 15,20 persen.

“Ya, Irham Kalenggo itu dinilai sebagai tokoh berpengaruh di Konawe Selatan, melampaui pengaruh Arsalim yang hanya 1,80 persen. Bahkan sebaran pengaruh Irham hampir merata di semua segmen pemilih. Baik profesi, pendidikan, usia, etnis dan teritori,” terangnya.

Menurutnya, jika pengaruh Irham dikonversi menjadi dukungan di salah satu kandidat, tentu menjadi keberkahan tersendiri bagi pasangan kandidat tersebut. 

“DPT (Daftar Pemilih Tetap) Konsel kan kurang lebih 203.000 pemilih. Berarti kurang lebih 30.000 pemilih yang mudah dipengaruhi Irham. Itu angka yang cukup besar,” jelasnya.

Hanya saja, ia mengingatkan, jika mengonversi pengaruh menjadi suara, dibutuhkan kerja-kerja serius. Menurutnya, sang tokoh harus turun langsung menyapa masyarakat. 

“Tak cukup hanya nama saja, tapi figur tokohnya pun harus turun langsung. Jika itu tidak dilakukan, tentu nilai elektoralnya tidaklah besar ke pasangan kandidat yang ia dukung,” tandas Ras.

Diketahui, Irham Kalenggo sebelumnya sempat ikut bertarung dalam perburuan partai politik pengusung pada Pilkada Konsel. Namun, Irham Kalenggo harus legowo menerima keputusan DPP Partai Golkar karena memberikan rekomendasi keoada petahana yang juga senior Irham Kalenggo di Golkar Konawe Selatan, Surunuddin Dangga.

Kemapanannya dalam dunia politik membuat Irham tetap patuh dengan keputusan Partai Golkar. Ia pun memutuskan turun penuh mendukung pasangan Surunuddin Dangga-Rasyid dan menerima mandat sebagai Ketua Tim Pemenangan SUARA 2020. (Red)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment