KPU Sultra Terima Surat Pengajuan PAW Almarhum Nur Ihsan

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com – KPU Sultra telah menerima surat dengan nomor 161.2/654 terkait pengajuan pergantian antar waktu (PAW) almarhum Nur Ihsan di DPRD Sultra.

Informasi itu disampaikan Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib. Ia mengatakan kandidat yang menjadi pengganti mendiang Nur Ihsan harus memenuhi kriteriteria yakni, berada pada partai yang sama, berada pada Dapil sama ketika Pilcaleg dalam hal inu Dapil 5 (Kolaka- Kolaka Utara, dan Kolaka Timur) serta syarat terakhir adalah menjadi peraih suara terbanyak berikutnya.

“Ketiga unsur tersebut merupakan syarat mutlak dan wajib dalam melakukan penjaringan kandidat PAW. Semua harus terpenuhi dan jika ada salah satu tidak terakomodir, maka bisa di pastikan tidak memenuhi syarat,” kata Ojo-sapaan akrab Abdul Natsir Muthalib beberapa waktu lalu.

Dalam regulasi calon PAW anggota DPRD provinsi, kata dia, adalah nama calon PAW yang diambil dari daftar calon tetap (DCT) DPRD Sultra pada Pemilu terakhir dan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan KPU Provinsi masih memenuhi persyaratan calon.

“Jadi kita akan cek dan akan dilakukan verifikasi terhadap nama-nama yang satu Dapil dengan almahrum Nur Ihsan, untuk menentukan yang layak menjadi pengganti,” bebernya. (KP)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment