Bawaslu Sultra Temukan 82 Kasus Pelanggaran Netralitas ASN, Wakatobi Terbanyak

0 Komentar

KENDARI, INIKATASULTRA.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sultra menemukan 82 kasus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak netral.

Dimana, Kabupaten Wakatobi memiliki angka tertinggi dengan 37 kasus, disusul Konawe Utara (Konut) 21 kasus, Konawe Selatan (Konsel) 7 kasus, Konawe Kepualaun (Konkep) 6 kasus, Buton Utara (Butur) 2 dan Muna 6 kasus.

Pelanggaran yang dilakukan oleh para ASN ini, diantaranya seperti meghadiri kampanye, berfoto dengan simbol tangan dan gerakan yang digunakan sebagai bentuk bentuk keberpihakan, memberikan komentar dukungan dan me-like foto dan narasi paslon.

“Padahal kita jauh-jauh hari sudah memperingatkan kepada ASN supaya netral,” kata Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu, Senin (26/10/2020).

Ia kembali menjelaskan jika para ASN diminta untuk tidak melakukan pendekatan dengan partai politik, melakukan aktifitas yang sudah dilarang.

Lebih lanjut kata dia, para ASN yang bermaslah ini, telah dilaporkan kepada KASN untuk ditindaklanjuti, pihaknya juga menghimbau untuk memperhatikan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilkada mendatang.

“Harusnya para ASN wajib patuh atas aturan ini, kit beeharap juga bahwa Pilkada kali ini bisa bejalan dengan lancar dan kita sama-sama patuh terhadap protokol kesehatan demi menekan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Astil)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment