Pekerja yang Alami Kecelakaan Kerja di Sultra Mendapat Program Return to Work

0 Komentar

KENDARI,INIKATASULTRA.COM – Selama tahun 2020 hingga bulan Oktober, sebanyak enam pekerja di Sulawesi Tenggara yang mengalami kecelakaam kerja di perusahaannya masing-masing menerima program Return to Work.

Program bagi para karyawan yang mengalami kecelakaan kerja ini, berupa pendampingan selama masa penyembuhan, pemasangan alat ganti, sampai pekerja dapat bekerja kembali. Dalam perawatan pun tak ada batasan biaya.

Seperti yang dialami Lasri, salah satu karyawan yang mengalami kecelakaan kerja sehingga membuat kakinya mesti diamputasi.

Atas bantuan dari program tersebut, ia mengaku bersyukur dan berterima atas apa yang diberikan kepadanya.

“Bantuan kaki palsu ini akan sangat bermanfaat bagi saya dalam beraktivitas. Dengan bantuan kaki palsu ini, fungsi kaki saya dapat kembali seperti sebelumnya,” ungkap Lasri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan agar pekerjanya bisa mendapatkan manfaat Return to Work apabila mengalami kecelakaan pada saat bekerja.

Perusahaan pun harus terdaftar dan menjadi peserta BPJamsostek , perusahaan tertib membayar iuran, dan Perusahaan tidak menunggak iuran.

“Program Return to Work ini adalah bentuk perluasan manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja, di mana memfasilitasi pekerja dan perusahaannya agar pekerja tidak kehilangan mata pencaharian penghasilannya dan perusahaan tidak kehilangan karyawannya serta karyawannya dapat tetap produktif,” tutup Kepala BPJamsostek Sulawesi Tenggara, Muhyiddin Dj1. (ikh)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment