Oknum Pejabat Pemkab Kolaka Sebar Identitas Diri Terpapar Covid-19 di Grup WA

0 Komentar

ILUSTRASI: Makam Jenazah Covid-19. Foto: Faisal R. Syam/fin.co.id

KOLAKA, INIKATASULTRA.com Identitas diri yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah beredar di grup WhatsApp (WA) Satgas Covid-19 yang diupload oleh salah seorang oknum petinggi atau pejabat di lingkup Pemerintah Daerah (Pemkab) Kolaka.

Atas beredarnya data identitas diri yang terkonfirmasi positif Covid-19, membuat Jubir Satgas Covid-19 Kolaka, dr. Muhammad Aris sangat menyayangkan hal itu.

Terkait hal itu melalui percakapan dalam grup Satgas Covid-19 antara Aris dengan seorang petinggi Pemda Kolaka, Kamis (17/9/20) menegaskan bahwa etika medis untuk membuka data identitas diri yang terpapar Covid-19 tidak bisa dibuka kecuali ada izin dari yang bersangkutan.

“Tugas kami menjunjung tinggi etika profesi, tidak membuka data medis bagi yang terpapar Covid-19, dan itulah yang kami jaga selama ini. Meskipun nantinya data identitas diri yang terpapar Covid-19 akan ketahuan juga,” tegasnya.

Meski demikian, Dokter Aris berjanji akan melakukan tracing kepada semua yang memiliki riwayat kontak dengan pasien terpapar Covid-19.

“Jadi kami mohon data identitas diri yang terpapar Covid-19 cukup hanya diketahui di grup saja, jangan disebarkan lagi, kecuali bilamana ada persetujuan yang bersangkutan,” ujar Aris.

Sementara oknum petinggi lingkup Pemda Kolaka yang mengupload data identitas diri yang terpapar Covid-19 di grup Satgas Covid-19, menegaskan kepada Jubir Satgas Covid-19 Kolaka agar semua orang melakukan kontak dengan pasien yang positif Covid-19 harus dicari semua.

“Harus dicari semua pemborong yang dapat paket kegiatan proyek pernah kontak dengan pasien positif Covid-19,” tegasnya. (**)

Penulis : PIN
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment