Sri Mulyani Setop Perekrutan CPNS Selama 5 Tahun

0 Komentar

Menkeu, Sri Mulyani. Foto: Ricardo/JPNN.com

INIKATASULTRA.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan moratorium atau pemberhentian sementara perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dan mahasiswa STAN untuk 5 tahun ke depan, tepatnya pada periode 2020-2024.

Kebijakan ini mendapat sorotan dari politikus Demokrat, Andi Arief. Dia meminta sikap keterbukaan terhadap kondisi keuangan negara harus benar-benar dibuka oleh pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Hal ini penting mengingat kebijakan yang dikeluarkan kerap memunculkan tanda tanya terhadap kas yang dimiliki negara.

Seperti halnya penghentian penerimaan CPNS Kemenkeu selama 5 tahun, mulai 2020 hingga 2024 yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan 77/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024.

“Ibu SMI harus jelaskan ada apa sebenarnya dengan keuangan negara kita,” kata Kepala Bappilu Partai Demokrat, Andi Arief di akun Twitternya, Rabu (8/7).

Ia menduga ada hal yang tengah ditutupi di balik kebijakan tersebut. Sebab penghentian penerimaan CPNS tersebut juga berlaku bagi jebolan sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

“Kalau lulusan STAN saja tidak diangkat menjadi PNS, pasti ada yang sedang ibu tutupi,” tandas mantan Staf Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini. (Fajar/IS)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment